Perjuangan HAM di Indonesia

Berbicara tentang kapan hak asasi manusia mulai diperjuangkan tidak ada yang mengetahui secara pasti.  Jika kita melihat jauh ke beberapa abad sebelum masehi, kita akan mengetahui bahwa pada masa nabi-nabi sudah nampak adanya perjuangan hak-hak rakyat dari kekejaman dan kesemena-menaan para raja misalnya nabi ibrahim yang memperjuangkan nasib rakyat dari raja namrud ataupun perjuangan nabi musa dalam perlawanan terhadap raj fir’aun di kala itu. Dilanjutkan dengan peristiwa di babilonia yang dikenal dengan hukum Hammurabi sekitar 2100 SM.

Asal mula konsep modern tentang ham dikaitkan dengan stoics zeno pendiri paham filsafat ini mengajukan teori hukum alam diamana manusia sebagai makhluk hidup dikatakan memiliki beberapa hak yang sama dimana pun dan serta dalam kondisi apapun.bangsa romawi dibawah pengaruh stoics ini juga memberi tekanan pada HAM. dengan timbulnya agama kristen di roma maka hak hak ini diterjemahkan dalam konteks agama dan sumbernya berdasarkan dari Tuhan.

Setelah abad kegelapan contoh pertama konsep HAM disebutkan dari inggris ketika piagam magna catra dikeluarkan pada tahun 1215. asal mulanya, magna carta adalah perjanjian antara raja dan para baron. pada masa itu raja mengadakan perlindungan terhadap hal hal istimewa pada baron.ia tidak ada hubungannya dengan hak hak manusia sesungguhnya,hanya saja stelah waktu yang sangat lama, magna catra akhirnya ditafsirkan ke dalam konteks HAM. Perlemen inggris menyetujuinya pada tahun 1355 dan mengeluarkan suatu hukum yang tidak seorangpun  dapat dirampas hak hidup ,kebebasab ,ataupun tanahnya tanpa melalui proses hukum yang ditentukan.akan tetapi ,dari abad ke-14 sampai ke -16 alam pemikiran eropa didominasi oleh pandangan pandangan machiavelle dan luther pada masalah dimana negara negara itu memperoleh kekuasaan yang tak terbatas atas individu.

Konsep hak hak manusia yang alami muncul dengan kekuatan pada abad ke-17 sebagai suatu pertahanan dari kekuasaan negara yang tak terbatas. hasil pergerakan yang dipengaruhi oleh rousseau dan lainnya merupakan penggabungan dari berbagai hak manusia yang tercanangkan pada beberapa konstitusi berbagai negara dan akhirnya terwujud dalam deklasarasi HAM sedunia oleh PBB pada tahun 1948.

Deklarasi ini berisikan beberapa karakteristik yang sebenarnya telah ditetapkan islam jauh lebih dahulu bagi tiap tiap insan sebagai umat manusia .hal ini kemudian diikuti oleh beberapa negara eropa dan amerika pada aspek yang penting ,yaitu pembentukan pengadilan internasional  untuk menangani kasus kasus pelanggaran HAM. keputusan peradilan ini sayangnya kekurangan persetujuan dibalik pihak mereka , karena sebagai mana biasanya dalam kasus yang berkenaan keputusan keputusan itu,perjanjian perjanjian internasional yang diambil majelis umum PBB lah yang berperan.

Tidak luput dari itu, di indonesia yang notabene adalah negara bekas jajahan belanda bertahun-tahun lamanya telah muncul berbagai perjuangan tentang hak-hak asasi manusia. Hal itu diindikasikan dengan adanya organisasi-organisasi kemerdekaan yang muncul sebagai bentuk perlawanan terhadap imperialisme belanda. Baik itu secara jelas maupun dengan samar-samar. Diantaranya yakni organisasi Budi Utomo, Perhimpunan Indonesia, Indishe Partij, Partai Nasional Indonsia dan Partai Komunis Indonesia. Fokus perjuangan menegakkan HAM pada zaman penjajahan ini adalah untuk mewujudkan kemerdekaan bangsa Indonesia agar bisa terbebas dari imperialisme dan kolonialisme.

Setelah indonesia bebas dari kekuasaan belanda, perjuangan hak asasi manusia terus berlanjut. Yakni dalam hal ini memasuki indonesia dengan pemimpin negaranya yang pertama yaitu soekarno. Masa ini di indonesia dikenal dengan masa orde lama. Pada masa ini upaya untuk mewujudkan demokrasi menjadi esensi yang diperjuangkan.

Selanjutnya perjuangan hak asasi manusia memasuki masa orde baru yakni dalam masa kepemimpinan soeharto. Implementasi HAM Pada periode ini, HAM malah kerap ditafsirkan sesuai dengan kepentingan politik dan kekuasaan. Akibatnya, perjuangan penegakan HAM selalu terbentur oleh dominannya kekuasaan. Sedangkan pada saat ini, perjuangan menegakkan HAM mulai merambah ke wilayah yang lebih luas, seperti perjuangan untuk memperoleh jaminan pendidikan, pelayanan kesehatan, dan kesejahteraan sosial.

Sejarah perjuangan penegakkan HAM di Indonesia sendiri, secara sederhana dapat dibagi menjadi empat periode waktu, yaitu zaman penjajahan (1908-1945), masa pemerintahan Orde Lama (1945-1966), periode kekuasaan Orde Baru (1966-1988) dan pemerintah reformasi (1988-sekarang).

Dalam makalah ini akan dibahas sejarah perjuangan HAM dalam lingkup indonesia sebelum masa penjajahan dan juga setelah menjadi negara merdeka yang lepas dari belenggu para penjajah yang telah kami singgung diatas.

well. silahkan di dowload di SINI

and terima kasih atas kunjungannya!

About these ads

One thought on “Perjuangan HAM di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s